Selamat Datang

Anda sedang membuka blog informasi handphone ( HP ), Laptop dan Gadged / aksesoris terbaru, mohon tinggalkan komentar untuk perbaikan blog ini!. Terima Kasih

Sabtu, 04 Desember 2010

13 Tips Membeli Laptop

Bagi anda yang berniat membeli laptop, ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal yang berkaitandengan laptop tersebut, agar kelak anda tidak menyesal karena salah beli. Apa saja yang eprlu diperhatikan?, simak ulasan berikut:

13 Tips Sebelum Membeli Laptop:

1. Processor
Prosesor ini adalah bagian terpenting yang harus diperhitungkan sebelum membeli laptop, karena jika anda salah memilih processor maka bersiaplah menerima kinerja laptop yang tidak sesuai dengan keinginan anda dan kebutuhan anda. Pilihlah prosesor berdasarkan kebutuhan misalnya untuk game, pelajar, guru atau pengajar, pe-bisnis, spesialis IT / profesional atau untuk personal / pribadi. Prosesor yang digunakan sebaiknya menggunakan Intel Atom, Intel SU, Core 2 Duo, Core i3, Core i5, Core i7 atau Core 2 Quad/Extreme, atau jika anda ingin yang lebih murah anda dapat memilih processor AMD.
2. Memori
Memori laptop minimal 1 GB RAM atau kalau bisa lebih tinggi misalnya 2 GB atau 4 Gb dan ini harus disesuaikan juga dengan kinerja prosesor yang anda gunakan karena jika tidak seimbang dengan prosesor atau hard disk yang anda gunakan maka memori pun tidak akan berjalan dengan baik.
3. Hard Drive atau Hard Disk
Cari Hard Disk laptop sebisa mungkin yang memiliki kapasitas minimal 160 GB atau lebih karena ini juga akan mempengaruhi kinerja laptop anda. Jika space hard disk sedikit maka kinerja laptopnya juga akan menjadi lambat.
4. VGA
Untuk mendapatkan kinerja laptop yang maksimal saat bermain game, edit foto dan video, maka anda mutlak memiliki VGA dengan chipset yang baik dan juga memori VGA yang cukup besar. Untuk hal ini sebaiknya anda mempertimbangkan untuk tidak memilih VGA onboard, karena VGA onboard kinerjanya selalu lebih lemah dari VGA dedicated.
5. Spesifikasi
Carilah spesifikasi laptop yang seimbang dalam artian seimbang dengan dana yang anda punya, seimbang kinerja antara hardware dan software yang digunakan.
6. Ukuran dan Berat
Cari ukuran laptop berdasarkan keinginan dan kebutuhan anda serta untuk berat sebisa mungkin cari yang lebih ringan. Ukuran & berat sebuah laptop juga mempengaruhi harga patokan dari produsen. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk memilih netbook dengan harga lebih murah, namun kualitas hardware sedikit lebih rendah
7. Ukuran Layar dan Resolusi
Untuk ukuran layar dan resolusi silahkan pertimbangkan berdasarkan kebutuhan anda masing – masing, yang jelas laptop dengan resolusi tinggi-lah yang banyak dicari orang.
8. Operating System atau Sistem Operasi
Anda sebaiknya mempertimbangkan hal ini sesuai dengan keperluan  dan dana anda. Versi windows juga telah disesuaikan dengan penggunaan user dan tentu dengan harga yang berbeda-beda. Biasanya laptop sudah terinstall Sistem Operasi sejak anda membeli dan telah disesuaikan dengan kemampuan laptop tersebut. Anda juga dapat menggunakan Linux atau variannya (misal UBuntu) untuk menghemat biaya.
9. USB Port yang lebih banyak
Pastikan laptop memiliki dua atau lebih port USB, karena anda akan membutuhkannya untuk menancapkan perangkat tambahan seperti printer, USB Flash Disk, scanner dan lain sebagainya. Usahakan juga yang telah memiliki koneksi USB dengan versi terbaru
10. Fitur Keamanan
Anda harus mengetahui feature keamanan sebuah laptop sebelum anda membelinya karena ini digunakan untuk mengetahui apa langkah – langkah yang dapat mengambil jika terjadi sesuatu hal yang bisa menyebabkan laptop ini rusak atau error
11. Jaminan atau garansi & Dukungan
Ini adalah bagian terpenting jika anda membeli laptop baru, jaminan laptop & dukungan penting karena ini adalah kunci utama kita jika tiba – tiba sesuatu hal yang tidak kita inginkan terjadi semisal laptop tiba-tiba rusak atau error. Usahakan mencari laptop yang bergaransi lebih lama dan support yang mudah misalnya dekat dengan supportnya atau yang bisa support dengan Bahasa Indonesia. Asus merupakan vendor dengan garansi lebih lama (2 tahun).
12. Merek / Produsen
Usahakan memilih merek Internasional dengan reputasi yang telah teruji. Beberapa merek Internasional yang telah terbukti ampuh adalah Sony Vaio, Asus, Dell, Toshiba, Lenovo dan Apple. Bahkan sebagian orang dapat menilai anda dari merek laptop anda. Sony Vaio dan Apple/McBook merupakan merek kelas atas, namun juga harga tinggi. Namun merek yang lain tidak kalah kualitasnya. Tergantung anda memilih yang mana.
13. Price atau Harga Laptop
Kalau yang satu ini sih … berdasarkan budget aja kali yah, tapi kalau ada yang lebih murah dan berkualitas ngapain beli yang mahal tapi kualitasnya pas-pasan, betul tidak?
Saya menyarankan anda memilih Asus untuk keseimbangan harga dan kualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon komentar tidak mengandung SARA!